Thursday, October 19, 2017

Teks Eksposisi Identifikasi

   

        Assalamualaikum. Wr. Wb.
Hai sobat Indonesia :) Namaku Mhd. Dwiki Andreansyah. Di blog ku kali ini, aku akan menjelaskan tentang "Eksposisi Identifikasi".

Pengertian Eksposisi Identifikasi
       Eksposisi merupakan uraian atau paparan yang bertujuan untuk menjelaskan maksud dan tujuan dalam sebuah karangan. Sedangkan Identifikasi merupakan usaha untuk menyebutkan ciri-ciri atau unsur-unsur suatu objek. Dapat disimpulkan bahwa Eksposisi Identifikasi merupakan metode yang berisi tentang uraian atau paparan yang berusaha untuk menjelaskan dan menyebutkan ciri-ciri atau unsur-unsur pengenal suatu objek. Dengan menyebutkan ciri suatu objek diharapkan pembaca atau pendengar lebih mengenal objek tersebut.

Contoh Teks Eksposisi Identifikasi
        Rio anak seorang PNS yang bekerja di kantor Bupati. Nama lengkapnya Rio Syaputra Siregar. Dia punya banyak uang. Walaupun banyak uang ia tidak sombong dengan keadaannya itu. Kulitnya yang agak hitam kecoklatan dan badannya yang agak tinggi membuat dia mudah dikenali banyak orang. Menurut kabar yang ku dengar, orang tuanya berasal dari Medan, Sumatera Utara. Tetapi dia lahir dan besar di Tembilahan, Riau.
        Di mataku, Rio adalah anak yang lucu. Dia suka bercanda dan bercerita bersama kami semua. Dia suka bertengkar dan bersendagurau dengan Adnan. Selain itu, dia gemar melakukan kegiatan atau sesuatu yang benar-benar hebat dan keren. Seperti melakukan aktivitas sehari-hari dengan menggunakan tangan kiri. Tangan kiri itu ia gunakan untuk menulis, main HP, minum, main voli, main badminton, dan masih banyak lagi. Bagiku itu tidaklah mudah. Menurut dia, tangan kiri yang dia gunakan sangat penting baginya dalam melakukan segala aktivitas dalam kehidupan sehari-hari.

      
         Itulah penjelasan dan contoh tentang teks Eksposisi Identifikasi. Apabila ada kesalahan dan kekhilafan dalam penulisan kata mohon dimaafkan. Sekian dari saya, semoga bermanfaat ya sob ^_^ Terima Kasih. Wassalam.

1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete